Walkot Makassar Merencanakan Membuat Patung Semua Presiden RI, Serupa di Gunung Rushmore Amerika

Pemerintahan Kota Makassar merencanakan membuat patung semua presiden RI di Bukit Tamalanrea Permai (BTP) di Jalan Pelopor Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pembikinan patung itu bersamaan dengan gagasan Pemerintah kota Makassar untuk membikin bundaran di BTP.

Awalnya, ide bundaran ini akan diperlengkapi sama air mancur.

Tetapi terakhir, saat rapat koordinir khusus (rakorsus), ide air mancur di Bundaran BTP ditukar jadi patung beberapa presiden dari periode ke periode, terhitung patung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Gagasan itu di inspirasi dari Gunung Rushmore yang berada di Amerika Serikat, di mana ada ukir-pahatan empat kepala presiden AS, yakni George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

“Kita baru ingin saran, presiden sebagai simbol-simbol negara. Kita bikin sebagai sisi yang perlu dikenang warga, sama seperti pada Amerika,” sebut Wali Kota Makassar Danny Pomanto, saat dijumpai di rumah tinggalnya di Jalan Amirullah, Rabu (16/3/2022).

“Itu ialah patung presiden agar anak-anak kita mengetahui. Tentu saja kita harus ada ijin, siapa yang tahu ada proses untuk buat patung presiden,” tutur Danny menambah.

Ide Bundaran BTP

Di Bundaran BTP nanti akan dibuat taman dan jembatan sebagai akses penyeberangan.

Disamping itu, Tubuh Penghasilan Wilayah (Bapenda) Pemerintah kota Makassar bisa juga manfaatkan tempat ini untuk mengantongi penghasilan.

“Kelak Bapenda yang urus di sana, jadi tidak rugi. Kita bisa banyak penghasilan, Bapenda telah kalkulasi,” ucapnya.

Pemerintah kota Makassar lewat Dinas Tugas Umum (PU) Makassar sudah membagikan bujet Rp 10 miliar untuk project itu.

Walau idenya terhitung design telah masak, Pemerintah kota Makassar masih terhalang ijin.

Faksinya perlu restu dari Pemerintahan Provinisi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Balai Besar Penerapan Jalan Nasional (BBPJN) untuk menyelesaikan gagasan itu.

“Kita harus koordinir di propinsi dan balai jalan,” tutur ia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.