Polisi Sita Account YouTube Doni Salmanan dan Susuri Saluran Dana Sangkaan Pencucian Uang

Penyidik Dittipidsiber Bareskrim Polri memutuskan Doni Salmanan sebagai terdakwa kasus sangkaan penipuan berlagak binary pilihan Quotex pada Selasa (8/3/2022).

Penentuan terdakwa itu dilaksanakan sesudah penyidik mengecek Doni Salmanan sebagai saksi sepanjang 13 jam sampai gelar kasus.

Susul penentuan terdakwa itu, penyidik memilih untuk meredam Doni Salmanan karena dicemaskan hilangkan tanda bukti, larikan diri, dan mengulang tindakan yang serupa.

Doni dijaring dengan pasal berlapis, yaitu Info Tehnologi dan Electronic (ITE), Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

1. Penyitaan

Karo Penmas Seksi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengutarakan tanda bukti yang diambil alih Dittipidsiber Bareskrim Polri dari Doni Salmanan.

“Ada smartphone tipe iPhone 13 punya terdakwa. Selanjutnya, account YouTube bernama King Salmanan, selanjutnya ada dua account e-mail yang tersambung dengan account YouTube dan Quotex,” tutur Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Selasa.

Untuk dipahami, account YouTube King Salmanan punya Doni Salmanan berisi content sekitar binary pilihan.

Account dengan subscriber 1,22 juta itu sekarang tidak berisi content satu juga mengenai binary pilihan.

Disamping itu, kata Ahmad Ramadhan, polisi mengambil alih satu bundel rekening bank Doni Salmanan dan satu bundel bukti transfer deposit dan withdraw.

Simak juga: 5 Bukti mengenai Doni Salmanan Crazy Rich Asal Soreang Bandung, Dikenali Pemurah hati oleh Tetangga

“Dan sebuah flashdisk yang berisi file hasil download video YouTube King Salmanan,” kata Ahmad Ramadhan.

2. Saluran dana

Karena diaplikasikan pasal TPPU pada Doni Salmanan, penyidik akan mencari saluran dana pria dari Bandung itu.

“Akan dilaksanakan treking pada asset punya terdakwa dan treking saluran dana yang mengucur dari rekening terdakwa maupun ke arah rekening terdakwa yang berkaitan dengan tindak pidana ini,” sebut Ahmad Ramadhan.

Sesudah ketahui saluran dana dan simpan tanda bukti, Ahmad Ramadhan memperjelas jika penyidik akan lakukan penyitaan kembali.

“Pasti, kemudian dana atau asset yang dari tindak pidana ini akan dilaksanakan penyitaan oleh penyidik,” tutur Ahmad Ramadhan.

3. Check istri

Ahmad Ramadhan benarkan jika penyidik akan mengecek istri Doni Salmanan, Dinan Fajrina, sebagai saksi.

Pengecekan pada Dinan Fajrina ini buat mencari saluran dana Doni Salmanan berkaitan kasus penipuan berlagak trading binary pilihan Quotex.

“Iya, jawabnya iya (istri Doni Salmanan akan diperiksa),” tutur Ahmad Ramadhan.

4. Pelajari nama afiliator lain

Ahmad Ramadhan tidak menolak pasti akan mempelajari nama afiliator binary pilihan lain dalam kasus Doni Salmanan.

“Sementara, terdakwanya masih yang berkaitan, DS, dan pasti masih dipelajari (nama afiliator binary pilihan lain),” kata Ahmad Ramadhan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.