Kejari Rejang Lebong Lepaskan Tuntutan Pengadah Tabung Gas Curian

Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, Bengkulu, melepaskan tuntutan pada terdakwa Heri Nusantara pengadah tabung gas hasil curian.

Adapun dua aktor maling yang dijumpai namanya Reki dan Riki sekarang ini masih buron.

“Pengadah Heri Nusantara dibebaskan dari tuntutan kejaksaan karena mengadah 1 tabung gas,” kata Kepala Seksi Pencahayaan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Bengkulu, Ristianti Andriani dalam info tercatatnya ke kompas.com, Rabu (16/3/2022).

“Dibebaskannya aktor pengadahan ini sesudah dilaksanakan saran dari kejaksaan negeri, kejati, dan disepakati oleh kejaksaan agung dalam keadilan restorative atau Restorative Justice (RJ),” ikat Ristianti.

Kasus ini berawal pada Sabtu (8/1/2022) kira-kira jam 08.00 WIB, saat Reki dan Riki mengambil 1 biji tabung gas ukuran 3 kg punya Yusman Effendi.

Ke-2 aktor maling gas itu sekarang ini masih juga dalam penelusuran aparatur penegak hukum. Selesai mengambil tabung gas, ke-2 aktor jual tabung itu ke Heri Nusantara.

“Terdakwa dikenakan pasal 480 kesatu KUHP mengenai pengadahan. Tetapi terdakwa diberi Restorative Justice (RJ) hingga penuntutan disetop tidak diteruskan ke pengadilan,” tutup Ristianti.

Awalnya Kejati Bengkulu sudah memberi beberapa keadilan restorative dan tidak lanjut ke pengadilan.

Dikabarkan Kompas.com awalnya, restorative justice atau keadilan restoratif ialah satu respon ke aktor kejahatan untuk mengembalikan rugi dan mempermudah perdamaian di antara beberapa faksi.

Pada prinsipnya restorative justice sebagai alternative penuntasan kasus tindak pidana, yang dalam proses (tata cara peradilan pidana) konsentrasi pidana diganti jadi proses diskusi dan perantaraan.

Dalam restorative justice, diskusi dan perantaraan mengikutsertakan beberapa faksi, yang umum mempunyai tujuan untuk membuat kesepatakan atas penuntasan kasus pidana.

Konsep khusus dari restorative justice ialah penegakan hukum yang selalu memprioritaskan rekondisi kembali ke kondisi sebelumnya dan kembalikan skema jalinan baik pada warga.

Arah lain dari restorative justice untuk membuat keputusan hukum yang adil dan imbang untuk faksi korban atau aktor.

Sekarang ini konsep restorative justice mulai diaplikasikan oleh instansi hukum di Indonesia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.