Yuk Coba Nikmati Berbagai Makanan Khas Kalimantan Tengah Bercita Rasa Unik

Tipsseo.net Yuk Coba Nikmati Berbagai Makanan Khas Kalimantan Tengah Bercita Rasa Unik! Perlu kamu ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya yang dimiliki. Ada berbagai budaya yang kemudian berkumpul menjadi satu dengan keanekaragaman yang dimilikinya. Pada dasarnya menjadi sebuah hal yang penting bagi kita untuk dapat memahami bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan pulau yang dimiliki. Salah satu pulau yang memiliki beragam budaya didalamnya dan bisa kamu jadikan sebagai tempat menarik untuk berwisata adalah Kalimantan.

Ada banyak sekali berbagai macam provinsi yang terdapat di pulau Kalimantan yang masing masingnya menyimpan kekayaan budaya didalamnya. Salah satunya adalah Kalimantan selatan yang pada dasarnya memiliki beragam budaya dan juga makanan khas didalamnya. Saat kamu berkunjung ke Kalimantan selatan nantinya ada banyak pilihan makanan yang khas dari Kalimantan selatan. Dan didalam pembahasan ini akan di jelaskan berkaitan dengan beberapa makanan khas Kalimantan selatan yang bisa coba dinikmati. Untuk itu simaklah penjelasan dibawah ini mengenai beberapa makanan yang khas dari Kalimantan tengah dengan cita rasa yang begitu unik.

Berikut Berbagai Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah Dengan Cita Rasa Unik

Juhu umbut rotan


Salah satu makanan khas Kalimantan tengah yang saat ini bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi yang menarik untuk dinikmati adalah juhu umbut rotan. Pada dasarnya makanan yang satu ini berasal dari bahan dasar berupa rotan yang masih muda. Juhu umbut rotan menjadi makanan yang khas dari Kalimantan tengah yang proses pembuatannya menggunakan tenaga yang ektra untuk menghilangkan duri pada batang. Rotan yang sudah di bersihkan dari duri yang mengelilinginya kemudian dipotong menjadi irisan kecil kecil dan kemudian diberikan bumbu rempah setelahnya. Biasanya juhu umbut rotan dimasak menggunakan santan yang kemudian membuat cita rasanya begitu gurih dan lezat dinikmati.

Keripik kalakai

Selain itu tentunya salah satu makanan yang khas dari Kalimantan selatan dan menjadi rekomendasi tepat untuk di konsumsi adalah keripik kalakai. Pada dasarnya bahan utama dalam pembuatan keripik kalakai adalah dari tanaman yang berada di pedalaman Kalimantan. Pada dasarnya tanaman kalakai menjadi sebuah tumbuhan alam yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat dari suku dayak. Bagian yang biasanya dijadikan sebagai keripik kalakai adalah pada bagian daun yang kemudian di baluri dengan adonan tepung lalu di goreng. Cita rasa yang renyah dan juga gurih dari keripik kelakai menjadi sebuah keunikan tersendiri yang bisa dinikmati.

Hintalu karuang

Bagi kamu yang ingin menikmati makanan khas Kalimantan tengah sekarang ini maka coba untuk mengkonsumsi hintalu karuang. Hintalu karuang pada dasarnya menjadi makanan yang berasal dari Banjarmasin yang bentuknya menyerupai telur kelelawar. Adonan hintalu karuang sendiri biasanya disiram dengan kuah yang berupa campuran antara gula merah dan juga santan kental. Biasanya makanan khas yang satu ini di jadikan sebagai santapan lezat untuk berbuka puasa.

Tentunya bagi kamu yang ingin menikmati makanan khas Kalimantan tengah masih terdapat banyak rekomendasi menarik yang bisa dicoba sekarang ini. Nah, mungkin itu saja yang bisa disampaikan berkaitan dengan beberapa makanan yang khas dari Kalimantan tengah yang dapat coba dicicipi saat berkunjung kesana. Semoga informasi diatas dapat menjadi rekomendasi yang membantumu lebih mudah mendapatkan makanan yang khas dari Kalimantan tengah.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form