Perlu Anda Ketahui! Inilah Keuntungan menjalankan Olahraga Sehat Pagi Hari

Tipsseo.net - Perlu Anda Ketahui! Inilah Keuntungan menjalankan Olahraga Sehat Pagi Hari - Setiap orang pasti sudah tahu bahwa bangun pagi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih jika anda bangun pagi dilanjutkan dengan melakukan aktivitas olahraga ringan ataupun olahraga yang sesuai kemampuan. Sebenarnya olahraga bisa dilakukan kapan pun entah itu pagi, siang, sore atau malam sekalipun. Hanya saja melakukan olahraga di pagi hari memiliki sejumlah keuntungan jika dibandingkan waktu lainnya. Di bawah ini beberapa keuntungan olahraga di pagi hari yang perlu Anda ketahui.

olahraga sehat pagi hari

Keuntungan Olahraga Sehat Pagi Hari

1. Meningkatkan Metabolisme

Tahukah Anda jika melakukan olahraga sehat pagi hari secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempertahankannya hingga sepanjang hari? Anda bisa melakukan olahraga dengan latihan ringan seperti lari pagi, jalan jalan, ataupun bersepeda sesuai yang anda inginkan.

2. Pikiran menjadi Segar

Banyak orang seringkali menganggap olahraga sebagai pilihan terakhir saat bangun tidur. Padahal olahraga di pagi hari bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih dan lebih segar, serta memunculkan semangat yang lebih baik. Bahkan melakukan olahraga di pagi hari juga diklaim efektif dalam meningkatkan ketajaman Indra.

3. Mengontrol Nafsu Makan

Keuntungan melakukan olahraga sehat pagi hari selanjutnya adalah mampu mengontrol nafsu makan dengan menurunkan kadar hormon ghrelin. Hormon ini berperan dalam memicu timbulnya rasa lapar yang mungkin saja terjadi sepanjang hari.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Olahraga di pagi hari dianggap sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah, sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi. Berbagai macam olahraga bisa anda lakukan, mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat seperti treadmill.

5. Tidak Terkena Panas Matahari yang Begitu Terik

Ketahuilah bahwa sinar matahari yang terlalu panas di siang hari bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, terutama bagi kulit. Namun sebaliknya jika Anda terkena sinar matahari saat pagi hari yang justru memberikan banyak manfaat kesehatan. Itulah sebabnya sangat dianjurkan melakukan aktivitas olahraga sehat pagi hari, sekaligus untuk mendapatkan vitamin D.

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Olahraga bisa memicu produksi hormon kortisol menjadi lebih stabil dan dalam kadar yang ideal. Produksi hormon ini dalam kadar yang tepat mampu meningkatkan kewaspadaan diri, serta meningkatkan konsentrasi seseorang. Keuntungan ini sangat penting bagi mereka yang bekerja atau sekolah, serta menjalankan aktifitas lain saat siang.

7. Memberikan Kecukupan Energi

Ketika anda melakukan olahraga sehat pagi hari secara teratur, tubuh akan mampu meningkatkan energi selama beraktivitas sepanjang hari. Karena dengan berolahraga aliran darah akan menjadi lebih lancar, sehingga oksigen dan nutrisi mampu dialirkan ke paru-paru dengan lebih baik. Tentu saja hal ini akan membuat sistem kardiovaskuler dan stamina menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Keuntungan dari melakukan olahraga hari selanjutnya adalah mampu meningkatkan kualitas tidur malam. Karena seringkali, penyebab sulit tidur ataupun kualitas tidur menjadi tidak nyenyak adalah karena kurangnya aktivitas saat siang. Dengan berolahraga, kinerja dan metabolisme tubuh akan menjadi lebih optimal dan meningkatkan semangat. Sehingga tidak mengherankan, jika malam hari Anda akan merasa lelah dan mudah mengantuk ketika memasuki jam malam.

Mengetahui berbagai keuntungan melakukan olahraga sehat pagi hari, bisa anda jadikan motivasi untuk lebih serius dan berkomitmen dalam melakukan olahraga. Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, masih ada banyak manfaat olahraga lainnya seperti menjaga berat badan tetap ideal, mencegah datangnya penyakit, meningkatkan suasana hati, dan sebagainya. Sehingga kini, anda tidak akan malas lagi untuk melakukan latihan olahraga saat bangun tidur di pagi hari.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form