Panduan Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah

Tipsseo.net - Panduan Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah -Anda mungkin saat ini sedang berpikir bagaimana caranya agar bisa memiliki sebuah blog secara gratis. Blog memang sangat penting dimiliki bagi Anda yang ingin menyalurkan hobi menulis. Selain itu melalui blog Anda juga dapat mengembangkan sebuah bisnis.

Ada bermacam jenis platform blog yang bisa digunakan, namun di antara beberapa platform terbaik yang direkomendasikan yaitu Blogger dan Wordpress. Hal tersebut karena kedua platform ini bisa digunakan untuk semua jenis blog dan memiliki keamanan yang baik. Selain itu juga mendukung fungsi tambahan jika diperlukan.

Blogger adalah sebuah platform sederhana yang menekankan pada kemudahan penggunaannya. Sedangkan WordPress.com merupakan layanan blog di bawah bendera Automattic. WordPress merupakan penguasa platform website saat ini. Berikut cara membuat blog gratis melalui kedua platform tersebut.

cara membuat blog gratis

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogger

Sebelum membuat blog menggunakan Blogger, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, Anda bisa mendaftar. Setelah mendaftar di Google, ikuti penduan membuat blog berikut ini.

Masuk ke Halaman Utama Blogger

Klik "masuk" untuk memasuki halaman utama Blogger. Sebagai langkah awal cara membuat blog gratis, Anda harus login menggunakan akun Google Anda. Selanjutnya, lakukan konfirmasi profil Anda. Profil inilah nantinya yang akan muncul setiap kali pengunjung datang ke blog Anda.

Daftar Blog

Setelah pengisian profil, klik "Lanjutkan ke Blogger." Pada halaman Selamat Datang Blogger, pilih "Buat Blog Baru". Setelah Anda masuk halaman Daftar Blog, isi Judul dan Alamat blog Anda dengan subdomain: blogspot.com. Anda harus pastikan belum ada yang menggunakan alamat blog Anda.

Pilih Tema Blog

Langkah cara membuat blog gratis melalui Blogger selanjutnya, yaitu memilih tema blog Anda. Kemudian terakhir, pilih Buat Blog. Setelah proses ini, maka selesailah pembuatan blog gratis Anda. Anda sekarang telah memiliki sebuah blog gratis.

Cara Membuat Blog Gratis Dengan WordPress

Untuk membuat blog gratis dengan WordPress, Anda harus masuk ke halaman utama WordPress.com terlebih dahulu. Sebelumnya Anda harus menyiapkan email terlebih dahulu. Karena untuk membuat blog di WordPress, Anda bisa menggunakan email.

Membuat Akun Blog

Setalah masuk ke halaman utama WordPress, pilih Mulai Situs Web Anda. Sebagai cara membuat blog gratis, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda tiga pilihan untuk membuat akun, menggunakan email, Gmail atau akun Apple. Bila menggunakan email, isi alamat email Anda, Nama Pengguna dan Kata Sandi.

Memilih Jenis Website

Setelah berhasil membuat akun, Anda harus memilih jenis website yang ingin Anda buat. Tentu saja yang harus Anda pilih adalah blog. Setelah memilih, tentukan topik blog Anda pada halaman berikutnya.

Tentukan Nama dan Alamat Blog

Cara membuat blog gratis berikutnya, yaitu menentukan nama serta alamat blog Anda. Karena menggunakan versi gratis, Anda akan mendapatkan wordpress.com untuk nama blog Anda. Setelah itu tunggu prosesnya, Anda akan masuk ke dasbor WordPress sebagai tanda pembuatan blog Anda telah berhasil.

Saatnya Wujudkan Blog Impian Anda

Setelah Anda berhasil membuat blog gratis dengan langkah-langkah di atas, lakukanlah kustomisasi agar blog Anda terlihat menarik. Dimulai dengan melakukan pengisian Identitas Online, pengaturan tampilan blog hingga fitur tambahan. Setelah itu Anda bisa mengisi konten pada blog Anda tersebut.

Tentukanlah topik blog Anda, karena menentukan topik blog sangat penting dalam bagian cara membuat blog gratis. Topik tersebut yang akan menentukan keseluruhan dari blog Anda. Bahkan isi konten yang Anda buat akan mengacu pada topik yang telah Anda pilih tersebut. Blog Anda juga bisa dijadikan untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Nah, itulah panduan cara membuat blog gratis. Mudah, bukan? Kini Anda bisa menuangkan hobi menulis dan mewujudkan blog impian Anda tersebut. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk Anda khususnya bagi Anda yang ingin memiliki blog gratis.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form