Manfaat dan Bahaya Diet Sehat Alami dengan Air Putih

Tipsseo.net Manfaat dan Bahaya Diet Sehat Alami dengan Air Putih. Membatasi segala macam makanan kecuali air putih umumnya disebut dengan puasa air putih. Metode ini sudah ada sejak lama, namun menjadi popular dalam beberapa tahun terakhir sebagai cara menurunkan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan jika puasa air dapat memiliki manfaat kesehatan. Sebagian di antaranya adalah untuk menurunkan risiko penyakit kronis dan merangsang autophagy. Ini adalah kondisi yang dapat membantu tubuh untuk memecah dan mendaur ulang bagian-bagian sel tubuh yang rusak.

Sementara itu, beberapa studi juga menyebutkan jika puasa air ini memiliki manfaat yang terbatas. Karena puasa air juga dapat menimbulkan banyak risiko kesehatan dan tidak cocok untuk semua orang. Untuk itu dalam artikel ini kami akan memberikan gambaran tentang puasa air, cara kerjanya, serta manfaat dan bahayanya bagi kesehatan.

diet sehat alami
diet sehat alami

Metode Diet Sehat Alami dengan Air Putih

Puasa air adalah jenis puasa dimana Anda tidak dapat mengkonsumsi apa pun selain air. Beberapa alasan yang mendasarinya termasuk: kepentingan agama atau spiritual, untuk menurunkan berat badan, detoksifikasi, mempersiapkan prosedur medis, dan sebagainya. Biasanya diet sehat alami ini berlangsung antara 24-72 jam dan diikuti dengan fase pasca-puasa.

Selama menjalani diet air maka Anda diperbolehkan untuk minum dua hingga tiga liter air per hari. Ini hanya berlangsung antara 24-72 jam, jadi jangan melebihi itu tanpa pengawasan medis. Sementara saat puasa selesai maka Anda akan harus menghabiskan 3-4 hari selanjutnya untuk tidak makan dalam jumlah besar. Ini lebih untuk menghindari ketidaknyamanan. Saat pasca ini Anda bisa berbuka dengan smoothieatau makanan kecil, sebelum siap untuk makanan besar.

Manfaat Puasa Air Putih Untuk Kesehatan

1.   Mempromosikan autophagy

Autophagyadalah proses dimana bagian sel yang rusak Anda dipecah dan didaur ulang. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan jika autophagy dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti kanker, alzheimer, dan penyakit jantung. Autophagyini dapat mencegah penumpukan sel yang rusak, yang merupakan faktor risiko bagi banyak kanker. Jadi manfaat ini lebih dari sekedar diet sehat alami. Namun ini perlu lebih banyak penelitian terhadap manusia untuk mempromosikannya sebagai autophagy.

2.   Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa puasa air yang diawasi secara medis dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Studi ini melibatkan 68 orang yang memiliki tekanan darah tinggi, dengan batas puasa selama hampir 14 hari di bawah pengawasan medis. Pada akhir puasa, sebanyak 82 persen audiens mengalami penurunan tekanan darah hingga ke tingkat yang sehat (120/80 mmHg atau kurang). Sayangnya, untuk puasa air jangka pendek (24-72 jam) masih butuh penelitian lebih lanjut.

3.   Meningkatkan sensitivitas insulin dan leptin

Insulindan leptin adalah hormon penting yang memengaruhi metabolisme tubuh. Insulinmembantu tubuh menyimpan nutrisi dari aliran darah, sementara leptin membantu tubuh merasa kenyang. Jadi inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan air putih sebagai metode diet sehat alami. Banyak penelitian menunjukkan jika puasa air ini dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap leptin dan insulin. Sensitivitas yang lebih besar akan membuat hormon ini lebih efektif.

Jadi jika tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin, maka tubuh Anda akan lebih efisien dalam mengurangi kadar gula darahnya. Sementara itu, jika tubuh Anda lebih sensitif terhadap leptin maka ini akan membantu tubuh dalam memproses sinyal lapar lebih efektif. Pada gilirannya, ini dapat membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan dan menghindari risiko obesitas.

4.   Menurunkan risiko beberapa penyakit kronis

Ada beberapa bukti bahwa diet sehat alami dengan puasa air dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Dalam sebuah studi terpercaya, 30 orang dewasa yang sehat mengikuti puasa air selama 24 jam. Setelah puasa, mereka secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridadalam darah, yang merupakan dua faktor risiko penyakit jantung.

Sementara beberapa penelitian terhadap hewan juga menemukan jika puasa air dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian lain juga menyebutkan jika puasa ini dapat menekan gen yang membantu pertumbuhan sel kanker. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan efek kemoterapi. Namun ini hanya segelintir penelitian terhadap manusia, sehingga perlu lebih banyak studi tentang efek ini.

Bahaya Atau Risiko Puasa Air Putih

Banyak penelitian menunjukkan jika puasa air dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan autophagy. Namun, sebagian besar penelitian hanya berasal dari hewan atau studi jangka pendek. Jadi ini perlu lebih banyak penelitian sebelum merekomendasikannya. Sementara diet sehat alami ini dipercaya memiliki banyak manfaat, ini juga datang dengan risiko kesehatan. Beberapa di antaranya adalah berikut ini.

1.   Menurunkan jenis berat badan yang salah

Karena puasa air ini intinya membatasi kalori, maka Anda akan kehilangan banyak berat badan dengan cepat. Sebagian studi menyebutkan jika Anda mungkin akan kehilangan 0.9 kg berat badan setiap hari dari puasa air 24-72 jam. Sayangnya, penurunan ini bukan dari lemak badan melainkan penurunan dari kadar air, karbohidrat, atau bahkan massa otot pada tubuh.

2.   Risiko terkena dehidrasi

Meski kedengarannya aneh, namun faktanya diet sehat alami dengan puasa air mungkin membuat Anda dehidrasi. Alasan ini diperkuat karena sekitar 20-30 persen cairan harian Anda umumnya berasal dari makanan. Jadi jika Anda minum jumlah air yang sama namun mengurangi asupan makan, maka sama saja dengan mengurangi kadar air pada tubuh. Biasanya gejala dehidrasi ini melibatkan pusing, mual, sakit kepala, sembelit, tekanan darah rendah, dan produktivitas rendah. Jadi untuk menghindarinya maka Anda mungkin perlu lebih banyak air dari biasanya.

3.   Risiko terkena hipotensi ortostatik

Hipotensi ortostatik adalah istilah untuk menyebutkan keadaan penurunan tekanan darah yang terjadi ketika Anda tiba-tiba berdiri. Ini umum terjadi pada orang yang berpuasa air dan biasanya dapat membuat pening, pusing, dan berisiko pingsan. Jadi jika Anda mengalami keadaan ini saat diet air, maka hindari untuk mengemudi atau mengoperasikan mesin berat agar terhindar dari risiko kecelakaan.

4.   Memperburuk beberapa kondisi medis

Meskipun diet sehat alami ini relatif pendek, namun ada beberapa kondisi yang bisa jadi buruk dengan puasa air. Jadi orang dengan kondisi medis ini tidak boleh melakukan puasa air sebelum meminta saran dari dokter mereka. Beberapa kondisi ini meliputi encok dan diabetes. Puasa air umumnya dapat meningkatkan produksi asam urat, yang merupakan faktor risiko encok. Ini juga dapat meningkatkan efek samping yang merugikan pada diabetes tipe 1 dan 2.

Itulah beberapa manfaat dan risiko yang mungkin timbul akibat diet sehat alami dengan air putih. Jadi jika Anda bertanya apakah ini bisa menurunkan berat badan? Tentu saja bisa, namun ini juga dibarengi dengan risiko kesehatan tertentu. Jadi jika Anda ingin menuai manfaat puasa untuk menurunkan berat badan, maka jenis puasa intermitenatau puasa alternatif bisa menjadi pendekatan yang lebih efektif.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form