Makanan khas Kalimantan Timur Yang Paling Direkomendasikan

Tipsseo.net Ada banyak makanan khas Kalimantan timur yang paling direkomendasikan untuk kamu cicipi. Setiap kota di Kalimantan timur pasti memiliki kuliner khasya masing-masing. Untuk rasa dari kuliner khas Kalimantan timur akan ketagihan bagi pertama kali mencobanya. Kebanyakan kuliner khas Kalimantan timur bercita rasa pedas, selain pedas rempah rempah yang digunakan dalam pembuatan kuliner khas Kalimantan timur juga sangat kuat. Membuat kuliner khas Kalimantan timur ini banyak yang menyukainya. Nah dibawah ini beberapa kuliner khas Kalimantan timur yang paling direkomendasikan buat kamu yang berada atau berkunjung ke Kalimantan timur.

Nasi bekapor khas Kalimantan timur


Makanan ini merupakan warisan leluhur dari raja kutai. Nasi bekapor merupakan nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan ikan asin. Yang unik dari nasi bekapor merupakan menggunakan alat khusus dalam pembuatan nasi bekapor yaitu ketel. Untuk membuat nasi bekapor yaitu nasi dan rempah-rempah dimasukkan ke ketel dan langsung dimasak, setelah masak jangan langsung diangkat tambahkan daun Kemangi, ikan asin, dan cabai. Setelah selesai memasukkan rempah-rempah tunggu sampai bagian pinggir berkerak, jika bagian sudah berkerak nasi bekapor siap diangkat.

Ayam cincane

makanan khas Kalimantan timur selanjutnya adalah ayam cincane. Makanan ini sudah sangat populer bagi masyarakat Kalimantan timur terutama di Samarinda. Dilihat-lihat makanan ini tidak ada bedanya dengan olahan ayam lain di Nusantara. Ketika dicicipi terlihat perbedaan antara ayam cincane dengan olahan ayam di Nusantara, terutama bumbu yang digunakan dan tekstur ayamnya lebih lembut karena menggunakan ayam kampung. Pada mulanya ayam cincane disuguhkan pada acara acara khusus, seiring berjalannya waktu makanan ini sudah banyak yang menjual di restoran-restoran di Kalimantan timur.

Gence Ruan

Pembuatan gence Ruan menggunakan bahan dasar ikan, paling banyak ikan yang digunakan adalah ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus. Gence Ruan memiliki arti yaitu Ruan yang artian ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus, kata gance yang artinya bumbu spesial, berarti gence Ruan merupakan ikan gabus yang menggunakan bumbu spesial. Biasanya ikan haruan digoreng atau dibakar, setelah selesai digoreng atau dibakar biasanya ikan haruan langsung dicampur dengan bumbu spesial.

Sayur gangan asam kutai

Makanan khas Kalimantan timur yang selanjutnya adalah sayur gangan asam kutai. Kalau bicara tentang sayur asam, di Indonesia banyak jenis sayur asam seperti sayur asam ikan asin, sayuran asam kangkung, dan banyak lagi macam-macam sayur asam yang ada di Indonesia. Kalau di Kalimantan timur sayur asamnya sedikit unik karena bahan dasarnya adalah kepala ikan haruan atau lebih dikenal dengan nama ikan gabus. Pelengkap dalam makanan ini biasanya adalah kangkung, talas, dan jantung pisang. Kalau soal rasa, rasa dari sayur gangan asam kutai dengan segar dan rasa kaldunya dengan kuat.

Nasi kuning

Nasi kuning sudah terkenal di masyarakat Kalimantan bahkan cukup populer di pulau Jawa. Pembuatan nasi kuning hanya menggunakan beras yang sudah dimasak bersamaan dengan rempah-rempah sehingga menambah rasa gurih pada Masakan ini. Untuk warna pada nasi kuning sendiri diperoleh dari pewarna alami yaitu kunyit. Untuk tambahan dari nasi kuning biasanya menggunakan pauk seperti tempe, tahu, ayam, dan lain-lain. biasanya nasi kuning dihidangkan sebagai menu sarapan pagi atau makan siang.

Nah itu saja beberapa rekomendasi makanan khas Kalimantan timur yang perlu kamu coba. Masih banyak rekomendasi makanan yang kamu perlu cicipi saat kamu berada di Kalimantan timur.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form