Kriteria Rumah Sakit Corona yang Ditunjuk Pemerintah

Tipsseo.net - Kriteria Rumah Sakit Corona yang Ditunjuk Pemerintah - Pandemi Corona menjadi hal yang sangat merugikan bagi banyak pihak, selain meruntuhkan perekonomian, serta juga banyaknya angka kematian yang terjadi sejak adanya virus corona yang menyebar ini.Baik Tua, muda , dan anak-anak pun dengan mudahnya terinfeksi penyakit ini.

Kriteria Penting Rumah Sakit Corona

Penularan covid 19 yang terjadi dengan cepat membuat semakin banyaknya pasien menjadi terjangkit corona. Untuk penanganannya , pemerintah menyiapkan banyak rumah sakit dan tempat khusus untuk merawat pasien korona. Rumah sakit yang ditunjuk pun haruslah memiliki kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berikut ini adalah kriteria Rumah sakit corona yang ditunjuk untuk menangani pasien corona.

Rumah sakit corona
Rumah sakit corona

Tersedianya Kamar Isolasi

Rumah sakit coronaharus memenuhi standard kualitas yang memadai, terutama untuk penyakit berbahaya seperti covid 19. Setiap rumah sakit rujukan harus memiliki ketersediaan fasilitas ruang isolasi. Syarat ini sangat penting karena melihat bahwa begitu mudahnya virus ini menulari pasien. Ruang ini berlaku bagi semua rumah sakit rujukan yang menerima pasien suspect, orang dalam pemantauan (ODP), maupun positif virus corona.

Jumlah Tenaga Medis

Kriteria lainnya yang wajib dipenuhi adalah kesanggupan jumlah  tenaga medis di rumah sakit tersebut dalam menangani pasien. Namu, tetap dalam pelaksanaannya Rumah sakit yang dirujuk tersebut dapat berkordinasi dengan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Mengenai Jumlah sumber daya adam yang menolong pasien korona. Kesiapan, kualitas dan juga kuantitas akan terus ditingkatkan oleh pemerintah mengingat jumlah pasien masih terus bertambah.

Jumlah Alat medis

Dalam menangani pasien corona, tentu saja membutuhkan banyak peralatan medis khusus yang harus disiapkan. Pihak rumah sakit coronadiharapkan memiliki lokasi yang cukup dan juga peralatan medis yang cukup untuk menangai pasien corona ini. Selain tetap berkordinasi dengan pemerintah mengenai berbagai kebutuhan dalam pandemi corona ini.

Rumah sakit harus memastikan jumlah peralatan semua kebutuhan. Alat medis yang dibutuhkan di dalam masa pandemi korona ini diantaranya yaitu ruang ugd, rawat inap, ruangan isolasi, obat, bahan medis, meja, ventilator, APD, masker, satung tangan, ambulans, tabung oksigen, radiologi dan laboratorium , tes swab, dan alat  medis penunjang lainnya.

Kebersihan Ruangan Isolasi

Kriteria berikutnya yaitu, kebersihan ruang isolasi pasien corona. Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa corona adalah penyakit infeksi yang sangat menular. Bagaimana kebersihan dan cara mengolahan sanitasi sangat perlu diperhatikan bagi rumah sakit corona.

Pelayanan Yang baik

Rumah sakit diharapkan memberikan pelayanan yang baik bagi para penderita infeksi corona ini. Baik kaya, miskin, tua, muda, anak-anak, wanita dan pria harus diperlakukan setara dan tidak membedakan. Pelayanan harus tetap ditingkatkan demi kesembuhan para pasien corona.

Sebagai Rumah sakit corona yang menangani pandemi ini, memang tampak selalu dipenuhi dengan pasien. Namun apakah pelayanan sudah sesuai. Yang harus diperhatikan dan sangat penting adalah meningkatkan pelayanan untuk kesembuhan pasien covid-19.

Memang rumah sakit rujukan corona ini memperoleh subsidi biaya dari pemerintah, sehingga pemerintah yang akan menanggung semua berbagai biaya serta kebutuhan dari pasien covid 19. Rumah sakit bertugas untuk membantu menangani, melayani dan menjaga keadaan pasien corona untuk bisa sembuh hingga kembali sehat.

Untuk pasien yang dirawat oleh rumah sakit coronaakan mendapat kompensasi dan juga pengembalian dana dari berbagai pelayanan dan tindakan yang diberikan sampai kesembuhannya nanti. Bagi pegawai medis semoga tetap dapat bekerja secara maksimal dan juga tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan agar tetap terhindar dari penularan infeksi covid 19.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form