Jangan Salah! Ini Daftar Makanan yang Boleh dan Tidak Bagi Penderita Asam Urat

Apa anda saat ini menderita penyakit asam urat? Hati-hati saat makan, karena tidak semua jenis makanan cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita asam urat. Sudah tahu apa saja jenis makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita asam urat? Berikut ini adalah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi  oleh para penderita asam urat, jangan salah ya!
makanan untuk penderita asam urat
Image By Pixabay

A. Daftar Makanan yang Boleh untuk Penderita Asam Urat

Ketika anda memilik penyakit asam urat, maka anda harus bersabar dan menahan diri dari beberapa jenis makanan, bahkan mungkin makanan yang paling anda sukai sekalipun. Itupun jika anda memang ingin sembuh dan tidak akan ingin penyakit asam urat makin parah. Beberapa jenis makanan yang harus anda hindari diantaranya:

1. Terung

Terung merupakan salah satu jenis sayuran yang aman sekali dikonsumsi oleh orang yang menderita asam urat. Terung memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Purin adalah sebuah zat yang terkandung dalam bahan makanan yang jika dikonsumsi akan menghasilkan asam urat. Terung aman dikonsumsi karena kandungan purinnya rendah. Meski demikian, jangan makan berlebihan ya.

2. Tomat

Sama halnya seperti terung, tomat juga termasuk jenis sayuran yang aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Kandungan purin dalam tomat juga sangat rendah. Sehingga orang yang menderita penyakit asam urat bisa mengkonsumsi sayuran ini tanpa harus merasa khawatir.

3. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin yang rendah. Sehingga makanan yang satu ini aman dikonsumsi. Purin yang terkandung dalam wortel juga sangat rendah sekali, sehingga sangat aman sekai jika dikonsumsi oleh para penderita asam urat sekalipun.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan di konsumsi oleh penderita asam urat. Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Brokoli dapat dengan baik menurunkan kadar asar urat dengan sangat baik. Sehingga makanan yang satu ini selain bisa mengenyangkan juga bisa menyehatkan.

5. Kentang

Kentang bisa menjadi alternatif lain bahan makanan yang dapat di konsumsi oleh para penderita penyakit asam urat. Makanan yang satu ini selain dapat digunakan sebagai pengganti nasi, juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Kentang memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

6. Kacang-Kacangan

Penderita asam urat sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi protein hewani. Sebagai gantinya, mereka bisa menggunakan kacang-kacangan yang juga bisa memberikan protein nabati. Dengan demikian, kebutuhan protein akan tetap ter cukupi dengan baik.

7. Jamur dan Bayam

Jamur dan bayam merupakan 2 jenis sayuran yang memiliki kandungan purin. Namun berdasarkan penelitian purin dari kedua jenis tanaman ini aman di konsumsi oleh mereka yang menderita asam urat. 

8. Buah Apel

Memang tidak semua jenis buah dan sayur cocok dikonsumsi penderita penyakit asam urat. Namun buat apel merupakan jenis buah yang aman di konsumsi oleh para penderita asam urat. Kandungan vitamin C dalam buah apel justru sangat bagus untuk menurunkan dalam urat dalam tubuh. Buah ini bahkan banyak disarankan untuk dikonsumsi

B. Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Penderita Asam Urat

Selain ada beberapa makanan yang diperbolehkan untuk penderita asam urat, juga ada beberapa jenis makanan yang dilarang  untuk di konsumsi oleh para penderita asam urat. Dimana beberapa jenis makanan ini jika dikonsumsi maka akan memperparah penyakit asam urat. Apa saja jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk penderita asam urat?

1. Daging Merah

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa protein hewani merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Daging merah seperti daging sapi, kambing dan lain sebagainya, termasuk jenis daging merah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Jeroan

Jika anda menderita asam urat, maka jauhilah makan jeroan. Jeroan mengandung purin yang tinggi yang dapat menjadi asam urat. Bahkan makanan yang satu ini termasuk salah satu jenis makanan yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

3. Ikan Laut

Ikan laut memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga dapat sangat berbahaya sekali apabila dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Ketika dikonsumsi purin yang ada dalam seafood atau ikan laut ini akan menjadi asam urat. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama maka akan sangat berbahaya sekai bagi kesehatan.

4. Kerang-Kerangan

Kerang-kerangan juga termasuk jenis makanan yang tidak cocok untuk penderita asam urat. Dalam kerang terkandung zat purin yang berbahaya dan bisa menjadi asam urat bagi yang mengkonsumsinya. Ini tentu sangat tidak bagus sekali bagi kesehatan dan bisa membahayakan.

5. Minuman Alkohol dan Bersoda

Semua jenis minuman yang beralkohol dan bersoda merupakan jenis minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kedua jenis minuman ini bahkan masuk kedalam kategori yang dilarang keras. Asam urat akan lebih berbahaya jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol ataupun bersoda.

6. Roti

Roti termasuk jenis makanan yang dilarang dikonsumsi karena beberapa kandungannya sangat berbahaya dan dapat memicu naiknya asam urat. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi roti. Gantikan roti dengan jenis karbohidrat lain yang lebih aman dikonsumsi seperti kentang ataupun nasi.

7. Oatmil

Oatmil hampir mirip dengan roti, kandungan didalamnya juga dapat meningkatkan masalah pada orang yang mengalami gangguan asam urat. Oatmil dapat memicu dan meningkatkan masalah urat. Oatmil memiliki purin yang akan menjadi asam urat saat di konsumsi. Sangat tidak disarankan bagi siapa saja yang mengalami asam urat dan mengkonsumsi oatmil.

8. Es krim

Walau terlihat nikmat, namun es krim merupakan jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita asam urat. Untuk anda yang memang gemar memakan es krim, anda harus menahan hasrat anda saat anda mengalami masalah asam urat.
Nah sampai di sini apa anda sudah paham apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita asam urat? Masih ada banyak jenis makanan lainnya. Namun cara terbaik nya, jika mengalami masalah kesehatan asam urat, maka anda konsultasi dengan dokter dan jangan asal makan.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form