Jalankan Diet Penderita Diabetes Ini untuk Kadar Gula Darah Normal

Tipsseo.net - Diet penderita diabetes dapat menjadi acuan pola makan yang tepat bagi penderita. Diabetes merupakan penyakit yang mendapat julukan sebagai ibu dari banyak penyakit, lantaran penyakit ini dapat memicu jenis penyakit lain yang beberapa diantaranya bersifat degeneratif. Sehingga butuh perawatan dan pengawasan ketat dalam diet diabetes ketika seseorang terserang diabetes ini.

Sebelum membahas mengenai protocol kesehatan dalam diet diabetes, ada baiknya mengetahui hal-hal krusial yang menjadi fundamental dalam diet satu ini. dimulai dari pengertian, hal-hal yang menjadi larangan dan juga cara mengatur pola makannya hingga protokol kesehatan yang lainnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.  
diet penderita diabetes
diet penderita diabetes

Pengertian Penyakit Diabetes

Di dalam tubuh, ada insulin yang bertugas untuk mengatur banyaknya kadar gula yang terlarut di dalam tubuh. Sehingga indeks gula terlarut di dalam darah tetap terjaga agar tidak merusak sel-sel tubuh yang lain, lantaran semakin tinggi kadar gula, semakin rentan terkena serangan kuman sehingga sel-sel jadi terganggu.

Pada penderita diabetes, insulin tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga indeks gula darah menjadi tinggi, dan ini dapat memicu kerusakan pada tubuh. Lantaran sel-sel tubuh kekurangan pasokan sumber energy yang akan dimasukkan dalam siklus glikolisis untuk menghasilkan energy. Sehingga harus tahu diet penderita diabetes.

Dalam diet diabetes yang perlu diperhatikan adalah pasokan gula ke dalam tubuh agar tidak semakin memperburuk kondisi tubuh. Karena ‘gula’ bukan cuman gula bentuk asli. Ada gula-gula lain yang tersembunyi dalam rasa gurih, asin dan lain sebagainya. Jadi, perlu tahu pasti bagaimana cara
mengaturnya dalam sebuah diet.

Protokol Yang Harus Dipatuhi Dalam Diet Penderita Diabetes

Diet satu ini berguna untuk mengontrol indeks gula darah di dalam tubuh. Sehingga parameter kontrolnya ya harus cek gula darah untuk melihat seberapa tinggi dan level kegawatdaruratan gula dalam darah. Untuk itu, tidak boleh hanya melihat dari gejala saja, namun harus disertai observasi nyata lewat cek gula darah tubuh.

Seseorang memerlukan diet diabetes jika hasil cek gula darah puasa menunjukkan angka 100-125 mg/dL – ini menandakan sedang menderita gejala. Sedangkan hasil lebih dari 125 mg/dl artinya sudah menderita diabetes. Jika tes tidak dalam kondisi puasa, diabetes jika hasil tes lebih dari 199 mg/dL.

Untuk menegaskan diagnosa apakah benar-benar diabetes apa bukan, sebaiknya melakukan tes Glycated Haemoglobin Test (HbA1C)yang bertujuan untuk mengetahui kondisi glukosa yang terlarut dalam hemoglobin darah selama dua hingga tiga bulan ke belakang. Jika dari hasil tes HbA1C menunjukkan angka 5.7%, maka waspada diabetes.

Berikutnya, jika memiliki potensi untuk menderita diabetes maka mulailah untuk melakukan diet penderita diabetes. Karena diet ini bertujuan untuk membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh bisa lebih sehat dan tidak menumpuk kadar gula darahnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diet tersebut.

Diet Diabetes - Batasi Karbohidrat Dan Kelola Kortisol

Hal pertama yang harus dilakukan diet penderita diabetes adalah membatasi kosumsi karbohidrat. Ingat, bahwa karbohidrat tidak hanya berasal dari kosumsi nasi, roti dan aneka jajanan manis. Karena dalam gurihnya mie juga kaya karbohidrat, dalam umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, makanan fermentasi dan lain sebagainya.

Jadi, jangan lupa untuk cek kadar nutrition fact makanan yang hendak dikosumsi. Konsultasikan dengan dokter mengenai ambang batas kosumsi karbohidrat harian, dan konversikan dengan nutrisi makanan yang dikosumsi setiap harinya. Namun, jika merasa ribet harus menghitung terus, sebaiknya ikut beberapa metode diet tertentu.

Metode diet diabetes ada banyak, salah satunya yang sedang hits adalah metode keto fasotosis. Metode ini dibuktikan oleh banyak orang sebagai metode diet untuk diabetes dan bisa sembuh meski pankreas sudah rusak dan tidak mampu menghasilkan insulin lagi.

Selain itu, dalam metode diet keto fastosis tersebut, mampu membantu tubuh untuk mengontrol hormon kortisol menjadi lebih baik lagi. Sehingga tidak mengalami stress dan bisa berdampak pada membaiknya kondisi gula darah dalam tubuh serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Karena tubuh penderita diabetes tidak hanya butuh diet penderita diabetes saja, tetapi juga butuh pikiran dan kelapangan hati untuk tetap tenang, lapang hati dan juga berpikiran jernih. Sehingga peranan control hormone kortisol sangatlah penting. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan tetap bahagia. Selamat mencoba.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form