Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi

Tipsseo.net - Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi - Zaman sekarang, siapa sih yang tidak mempunyai sebuah website? Karena website merupakan hal penting dalam dunia online. Baik itu untuk digunakan untuk sebuah profil online ataupun untuk membangun sebuah bisnis. Oleh karenanya, website sangat dibutuhkan pada zaman serba online seperti sekarang ini.

Wajar saja jika Anda berkata tidak paham, tidak punya keahlian dibidang IT, sulit membuatnya, ketika mendengar kalimat website. Stop! kalimat tersebut sudah tidak belaku lagi, ketika Anda membaca artikel ini. Karena artikel ini dibuat bertujuan agar Anda dapat memahami cara membuat sebuah website dari nol sampai jadi.

cara membuat website dari nol

Inilah Dia Beberapa Tips Atau Langkah-Langkah Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi

Tentukan Dahulu Tujuan

Yups. Dalam segala hal pun, tujuanlah yang terpenting sebelum praktik cara membuat website dari nol. Ibarat kata sebelum Anda memutuskan untuk memilih angkot, Anda sudah menentukan tempat tujuan bukan?. Seperti itu pun pembuatan sebuah website. Karena tujuan akan sangat memengaruhi cara pembuatannya agar dapat mencapai tujuan.

Website toko online, website seperti ini sangat populer sekali. Karena situs ini sering sekali bahkan kebanyakan orang-orang mengunjungi website ini. Dengan maraknya sistem pemasaran sebagai dropshiping, yang memberikan peluang lebih mudah untuk siapapun dalam membuat sistem bisnis secara online.

Website Edukasi, website ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk dapat mengembangkan keahlian. Misalnya saja Anda mempunyai suatu keahlian dalam bidang kuliner, maka website ini dibuat untuk membuat kursus memasak online. Dan menjaring mereka untuk mendaftar keanggotaan atau sebagainya. Apakah website edukasi akan menjadi pilihan tujuan Anda untuk mengikuti cara membuat website online dari nol?.

Tentukan Platform Website

Untuk menentukan sebuah platform atau biasa dibilang CMS (Content Management System). CMS ini biasa digunakan untuk membuat atau mengubah konten website. Dengan menggunakan sebuah CMS Anda akan diberi kemudahan tanpa harus memikirkan bahasa pemrograman.

Pada artikel cara membuat website dari nol ini, kita akan memilih CMS Wordpress. Mengapa demikian?, karena CMS Wordpress sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali membuat website. Dan CMS Wordpress ini adalah CMS yang populer dan kebanyakan orang pakai karena open source dan mudah diinstall.

Daftarkan Nama dan Hosting

Hosting. Apa sih hosting itu?. Hosting adalah tempat penyimpanan data yang ada di webaite. Jenisnya pun beragam, diantaranya share hosting dan cloud hosting.Shared hosting inisangat terjangkau, karenanya digunakan oleh banyak orang. Dan membuat kecepatan website terbagi dengan yang lain.

Sedangkan cloud hosting merupakan server yang berbasis internet. Jadi ketika server 1 mengalami gangguan maka server 2 akan menanggulanginya. Tujuan dalam pemilihan hosting ini merupakan salah satu cara membuat website dari nol. Dengan menentukan pikihan hosting yang tepat, Anda akan mendapatkan jasa penyimpanan website yang tepat pula untuk menyimpan berbagai kebutuhan website Anda.

Hosting yang baik memiliki 3 poin penting, yaitu:

- Keamanan yang tinggi

- Kecepatan loading yang bik

- Dapat diandalkan

Setelah Anda memilih sebuah hosting, kini saatnya Anda untuk menentukan nama domain. Nama domain ini sama seperti nama toko online Anda.  Jadi pilihlah nama domain yang tepat. Karena nama domain ini akan menciptakan dan mencerminkan diri Anda dan seperti apa Anda ingin dikenal.

Setelah memilih hostin dan menentukan nama domain,  cara membuat website dari nol adalah dengan memdaftarkan hosting dan nama domain yang sudah Anda pilih. Setelah itu Anda dapat memilih cloud hosting yang ssangat diidamkan dan juga sangat sesuai dengan budget Anda.

Instal Dan Perhatikan Pengaturan Website

Sebelum menginstal aplikasi website, baiknya Anda menginstal terlebih dahulu SSL (Secure Secret Layer). Karena SSL bertugas untuk memindai semua aplikasi yang akan Anda gunakan untuk website Anda nantinya. Setelah menginstal SSL barulah Ansa menginstal wordpress.

Pada dasarnya, memilih cara membuat website online dari nol sangatlah mudah bukan?. Itulah tadi beberapa Tips untuk membuat website online.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form