Cara Membuat Website Dari Nol, Gratis

Tipsseo.net - Cara Membuat Website Dari Nol, Gratis- Anda pasti berpikir bahwa membuat website dari nol itu sulit. Anda merasa harus menguasai tentang programming, html, desain dan sejenis lainnya. Tenang saja, Anda bisa membuat website dari nol secara gratis, meskipun tanpa mengusai desain, programming ataupun html. Dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah cara membuatnya.

Anda dapat membuat website gratis menggunakan WordPress. Tidak heran jika 34,5% website di dunia atau sekitar 60 juta website menggunakan WordPress. Nah, Anda pun bisa menggunakan WordPress untuk memulai membuat website secara mudah dan gratis. Apalagi bagi pemula yang sama sekali belum pernah membuat website. Berikut ini langkah-langkah cara membuatnya.

Cara membuat website dari nol

Menentukan Jenis Website

Cara membuat website dari nolyang pertama, yaitu menentukan jenis website yang ingin Anda buat. Saat membuat web dan mendesain, Anda akan dipaparkan bermacam pilihan, baik dari sisi teknis, paket hosting, diskspace dan lainnya. Sebelum membuat website, Anda harus mempunyai gambaran jelas seperti apa jenis website yang akan dibuat menggunakan WorsPress. Berikut ini jenis website yang umum digunakan:

·         Website Pribadi. Ini biasanya berisi opini pribadi tentang suatu hal atau tulusan pengalaman sehari-hari.

·         Blog. Jenis ini menampilkan informasi uptodate.

·         Toko Online. Ini biasa digunakan untuk bisnis atau berjualan online.

·         Website Instansi. Website jenis ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah sebagai informasi untuk publik.

·         Website Berita. Seperti namanya, website ini menampilkan berita-berita terbaru.

Memilih Nama Domain dan Hosting

Web hosting merupakan server yang berfungsi menyimpan data website secara online. Tanpa web hosting, website Anda tidak akan bisa diakses di internet. Maka, Anda harus mencari penyedia hosting untuk membuat hosting Anda. Kemudian, tentukan nama domain Anda. Nah, apabila Anda Cara membuat website dari nol untuk bisnis, brandingatau agar terlihat profesional, Anda harus membuat nama domain yang bereksistensi profesional.

Menginstal WordPress

Setelah hosting Anda selesai, selanjutnya, yaitu menginstalwebsite. Silakan masuk ke akun Hostingeryang baru dibuat. Kemudian klik tombol "Kelola" pada bagian "Hosting". Anda akan diarahkan ke dasbor hosting. Carilah bacaan "Auto Installer" di bawah "Website" dan klik. Selanjutnya klik opsi WordPress untuk memulai proses (ikon "W" dalam lingkaran abu-abu).

Mengonfigurasi Website

Selanjutnya, cara membuat website dari nol adalah Anda dapat mengubah beberapa pengaturan website di bagian "Pengaturan" pada menu admin paling bawah. Di bagian ini Anda bebas mengatur seperti apa yang Anda inginkan. Perhatikan satu persatu bagian-bagian yang perlu Anda ubah.

·         Pengaturan - Umum : Di sini Anda bisa mengedir judul website dan slogan website.

·         Pengaturan - Bacaan: Di sini Anda bisa mengatur halaman depan website untuk menampilkan blogpost atau halaman statis.

·         Pengaturan - Diskusi : Apabila Anda ingin orang lain yang mengunjungi website Anda bisa mengomentari post pada newsfeedwebsite, Anda harus mencentang kotak "Izinkan orang mem-posting komentar pada artikel-artikel baru" dan "Aktifkan komentar berutas".

·         Pengaturan - Permalink : Ini sangat disarankan untuk memilih opsi Nama Post, karena akan menghasilkan URL untuk halaman dan post yang dapat dipahami manusia.

Menambah Tema dan Plugin

Anda bisa saja mengabaikan tampilan visual website dan hanya fokus pada konten. Namun, ini akan membuat website Anda terlihat kurang menarik. Ada banyak tema WordPress gratis menawarkan kustomisasi dan personalisasi lanjutan. Jadi,salah satu cara membuat website dari nolyaitu dengan membuat tampilan yang menarik dan unik.

Nah, itulah cara membuat website dari nol yang bisa Anda coba sendiri. Ini tidak begitu sulit. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya. Pastikan Anda telah memiliki bayangan akan bagaimana website Anda nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form