9 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Bikin Sembuh Tanpa Dokter

Tipsseo.net Tenggorokan sakit, terasa gatal, dan seperti ada sesuatu mengganjal merupakan salah satu tanda bahwa Anda terkena sakit tenggorokan. Jangan langsung ke dokter, karena ada banyak kok obat sakit tenggorokan alami yang bisa anda  coba bahkan bisa menyembuhkan sakit tenggorokan tanpa harus meminta bantuan kepada dokter. Apa saja jenis obat alaminya?


1.     Madu

Jika Anda merasakan semua gejala sakit tenggorokan, maka Anda bisa mengonsumsi madu dengan rutin. Madu sudah terbukti khasiatnya sebagai ramuan obat yang ampuh dalam mengatasi masalah radang tenggorokan. Sebuah penelitian pada jurnal Pediatrics 2014 sudah membuktikan akan kebenaran tersebut.

 Dalam jurnal tersebut menyatakan bahwa radang tenggorokan akan lebih cepat bisa sembuh apabila para penderitanya mengonsumsi madu setiap hari. Dalam jurnal tersebut dikatakan juga, jika madu bisa menurunkan produksi lendir pada tenggorokan serta mempunyai sifat antibakterial alami yang akan membasmi bakteri penyebab radang tenggorokan atau sakit tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung sebanyak 1 sendok teh. Selain itu, anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan dicampur dengan satu gelas air hangat. Konsumsilah sebanyak dua kali sehari ya  yaitu pada waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukanlah hingga radang tenggorokan Anda sembuh. Anda juga bisa mengonsumsi madu setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

2.     Air Garam

Air garam juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Ramuan ini mengandung zat anti Inflamasi yang berguna untuk mengurangi atau mencegah terjadinya pembengkakan pada dinding tenggorokan. Sehingga,tenggorakan akan tetap dalam keadaan normal.

Dalam pembuatannya pun, terbilang sangat mudah. Anda hanya  cukup melarutkan garam ke air hangat dan Aduklah hingga merata. Setelah itu, pakailah air untuk berkumur di dalam tenggorokan beberapa saat dan setelah itu buang airnya. Mungkin, terasa asin bahkan pahit di lidah Anda setelah melakukan hal ini. Akan tetapi, itu normal terjadi.

3.     Kayu Manis

Harumnya kayu manis tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akan tetapi, juga bisa digunakan untuk mengobati masalah gangguan  radang tenggorokan. Di dalam kayu manis terdapat zat antioksidan dan antibakteral yang cukup tinggi.

Zat ini berguna untuk obat alami dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Untuk membuat ramuan dari kayu manis ini, Anda bisa mencampurkan satu batang kayu manis pada seduhan teh di pagi hari. Lakukan secara rutin dan sakit tenggorokan akan hilang seketika.

4.     Air Lemon

Jika Anda ingin rasa yang lebih segar, Anda bisa menggunakan lemon sebagai obat sakit tenggorokan alami. Perasan air lemon ini mengandung banyak vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami. 

Vitamin ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas dan melawan bakteri dan virus yang masuk di dalam tubuh.  Anda hanya perlu memerah jeruk dan dicampur dengan ½ sendok makan madu alami ke dalam air putih hangat. Setelah itu, minumlah selagi kondisi masih hangat.

5.     Minyak Kelapa

Selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa ternyata juga mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah radang tenggorokan dan juga melawan Infeksi. Minyak kelapa ini bisa mengecerkan lendir, sehingga membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

Anda pun bisa menambahkan minyak ini pada masakan, untuk menggoreng atau hal lainnya. Sehingga, manfaat dari minyak kelapa ini tetap Anda rasakan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi dua sendok teh minyak kelapa per hari dengan menambahkan madu untuk mengatasi masalah radang tenggorokan.

6.     Teh Hijau

Teh hijau memang sangat terkenal sekali manfaatnya dalam dunia kesehatan. Selain untuk diet dan detox, teh hijau juga bisa mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan mengurangi terjadi pembengkakan. 

Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan terdapat zat anti radang. Konsumsilah teh hijau secara rutin di pagi hari. Akan tetapi, jangan mencampurnya dengan gula, itu tidak baik untuk kesehatan tenggorakan Anda.

7.     Kunyit

Pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah satu ini. Kunyit adalah salah satu rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk jamu. Bahkan ada beberapa masakan yang juga menggunakan rempah satu ini.

Selain itu, kunyit ternyata juga bisa digunakan sebagai ramuan obat ampuh untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, Anda akan terbebas dari yang namanya sakit tenggorokan yang menyiksa.

Larutkan setengah bubuk kunyit ke dalam setengah sendok teh air hangat. Lalu gunakanlah untuk berkumur. Selain itu, Anda juga bisa memarut sendiri kunyit. Peras sari kunyit dan tambahkan segelas air hangat.

8.     Air Jahe

Selain kunyit, Anda juga dapat menggunakan jahe sebagai obat sakit tenggorokan secara alami. Jahe bisa membunuh semua bakteri dan kuman yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Hal ini karena jahe mempunyai kandungan anti bakterial. Selain itu, jahe juga mempunyai kemampuan untuk mengurangi kemerahan dan juga peradangan pada area tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsi obat ini dalam bentuk wedang jahe.

9.     Mandi Air Hangat

Menghirup udara yang lembab juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Cara ini bisa membantu dalam mengurangi pembengkakan akibat dari radang tenggorokan dan juga flu.  Anda bisa mengganti air dingin yang biasanya anda gunakan untuk mandi, dengan air hangat. Anda juga bisa mengisi sebuah wadah besar dengan air hangat dan menutupi muka  dan kepala Anda dengan handuk. Bukalah mulut dan hirup uap airnya.

Nah, itulah tadi beberapa resep untuk mengobati dan juga mencegah masalah sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Semua obat yang disebutkan di atas berbahan alami dan tanpa efek samping. Sehingga ramuan ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik tua maupun muda, bahkan anak-anak bisa menggunakan ramuan obat ini.

Selain sembilan obat sakit tenggorokan alami  di atas, anda juga harus menghindari berbagai macam pantangan. Ada beberapa pantangan yang harus anda hindari, yaitu jangan makan gorengan dan makanan berminyak, banyak konsumsi air putih, rajin berolahraga, dan berbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form