9 Cara Share Screen di Microsoft Teams, Kegiatan Tim Jadi Mudah!

Tipsseo.net - Ketika melakukan presentasi atau rapat melalui Microsoft Teams, maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara share screen di Microsoft Teams. Fitur share screen membantu Anda menampilkan file yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas. Adanya tampilan file tentu bisa membantu orang-orang yang terlibat dalam rapat untuk memahami topik yang sedang diperbincangkan.

Cara sharenya sebenarnya terbilang mudah dan simpel. Sayangnya, untuk saat ini fitur share screen tidak dapat dinikmati oleh pengguna Linux. Namun, tidak perlu khawatir karena fitur keren ini tetap berlaku bagi Anda yang menggunakan Mac OS atau Windows 10. Nah, bila Anda sudah penasaran mengenai cara share screen di Microsoft Teams, berikut kami sajikan ulasannya!

cara share screen di microsoft teams
Microsoft Teams

Inilah Cara Share Screen di Microsoft Teams

Berikut ini adalah beberapa cara share di microsoft teams yang mudah, diantaranya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Teams Anda.
  2. Arahkan kursor ke sudut tengah bawah layar selama rapat di Teams.
  3. Pilih opsi kontrol obrolan kemudian klik ikon ketiga dari kiri, yaitu ikon dengan kotak persegi dan panah.
  4. Setelah itu, Anda dapat langsung memilih salah satu layar, jendela, atau program yang pada waktu itu sedang terbuka. Namun, bila file yang Anda inginkan belum muncul, maka Anda bisa klik browse lalu klik one drive untuk mengupload file yang ingin ditampilkan.
  5. Selain itu, Anda juga bisa langsung membuka rapat atau presentasi dari Microsoft Powerpoint.
  6. Bahkan, bila perlu Anda bisa memilih menampilkan seluruh desktop. Namun, dalam hal ini ada baiknya Anda tidak menampilkannya secara keseluruhan. Hal tersebut karena umumnya rekan kerja hanya akan fokus melihat presentasi atau program yang Anda paparkan.
  7. Setelah memilih layar maka Anda bisa langsung membagikannya.
  8. Izinkan pengguna yang kalian ingin beri izin di menu allow.
  9. Setelah Anda selesai berbagi layar, maka Anda dapat mengakhirinya dengan mengklik ikon stop sharing di sudut kanan bawah layar.

Nah, sangat mudah dan simpel bukan cara share screen di Microsoft Teams? 

Perlu diketahui bahwa selama berbagi layar, seluruh layar Anda akan terlihat, dan area bersama akan diberi garis merah. Oleh karena itu, untuk amannya, Anda mungkin hanya ingin memilih opsi untuk berbagi program saja karena dalam situasi ini, orang dalam panggilan hanya akan melihat program pilihan Anda. Segala sesuatu yang lain di atas program akan muncul sebagai kotak abu-abu. 

Sebagai informasi tambahan bahwa selain bisa membagikan file, Anda juga bisa mengaktifkan fitur audio jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk bisa memutar klip video atau audio sebagai bagian presentasi Anda, caranya juga sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu mencentang opsi audio. 

Tidak hanya itu saja, melalui Microsoft Teams Anda juga akan melihat opsi untuk Microsoft Whiteboard. Fitur tersebut akan memungkinkan Anda dan rekan kerja Anda berbagi ruang untuk membuat catatan atau gambar selama rapat. Fitur ini bisa dikatakan sangat keren, terutama karena semua orang dapat berkolaborasi sekaligus.

Jadi, seperti itulah cara share screen di Microsoft Teams. Sekarang, Anda tentu sudah bisa memahaminya bukan? Nah, untuk ke depannya apabila ingin mengadakan rapat atau presentasi, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Microsoft Teams bisa menjadi pilihan untuk berdiskusi dengan rekan-rekan Anda. Selamat mencoba, ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form