8 Peluang Usaha di bidang kesehatan Yang Wajib Anda ketahui

Tipsseo.net - Peluang usaha di bidang kesehatan adalah sebuah bisnis yang bergerak melayani seseorang dalam bidang kesehatan. Entah itu berjualan obat, konsultasi kesehatan atau bisa juga jual beli alat-alat kesehatan.

Setiap orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat dalam hidup. Maka dari itu jasa layanan kesehatan tentu akan dibutuhkan oleh setiap orang. Meskipun ini juga dalam misi sosial tapi tetap yang namanya penyedia layanan kesehatan juga membutuhkan penghasilan. Maka dari itulah banyak tercipta lahan bisnis di bidang kesehatan. 

Yang paling adalah tidak memanfaatkan orang yang sakit untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, karena itu sudah termasuk kedalam tindakan yang tercela. Selama masih memberikan layanan dan penjualan di bidang kesehatan dengan baik, maka bisnis di bidang kesehatan tetap menjadi suatu peluang usaha yang baik untuk semua orang.


peluang-usaha-dibidang-kesehatan

Berikut yang termasuk peluang usaha di bidang kesehatan adalah :

1. Membuka apotek 

Yang pertama adalah dengan membuka apotek, membuka apotek adalah salah satu contoh peluang usaha dalam bidang kesehatan yang melayani penjualan berbagai macam obat untuk penyakit. Di apotek ini melayani pembelian obat dari masyarakat umum dan juga melayani pembelian obat berdasarkan resep dari dokter.

Jika Anda ingin membuka sebuah apotek tentu harus mempunyai basic pengetahuan di bidang kesehatan, atau bisa juga dengan bekerjasama dengan dokter dan apoteker yang sudah ahli di bidangnya. 

2. Menjual produk kesehatan secara online

Bisnis kesehatan secara online juga bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menjual obat via online. Kalau untuk melakukan hal ini tentu saja website harus mempunyai sebuah izin atau lisensi dari rumah sakit tertentu. Dengan begitu website bisa beroperasi melakukan bisnis kesehatan secara online, baik itu penjualan obat atau alat dan sarana prasarana di bidang kesehatan.

3. Melayani konsultasi kesehatan online

Peluang usaha di bidang kesehatan yang lain adalah dengan membuka layanan konsultasi di bidang kesehatan, Yakni melayani tanya jawab pasien melalui sebuah website, aplikasi atau akun online yang lain. 

Kalau untuk peluang usaha ini tentu saja harus dijalankan oleh orang yang mempunyai kompetensi di bidang kesehatan, entah itu dokter, bidan atau orang yang mempunyai dasar basic kesehatan. Karena yang namanya memberikan nasehat tentang sebuah penyakit tidak bisa sembarangan tanpa dasar yang jelas.

4. Membuat website Atau channel Kesehatan

Selanjutnya bisa juga dengan membuat sebuah website atau blog bidang kesehatan atau channel youtube bidang kesehatan juga bisa. Disini bisa menjadi blogger atau youtuber dengan niche kesehatan. 

Untuk peluang bisnis ini bisa dilakukan siapa saja asalkan tahu batasan mana yang harus di sampaikan. Untuk dari segi penghasilan tentu sudah jelasm blogger dan youtuber bisa menghasilkan uang dari periklanan, endors, google adsense dan sumber lainnya.

5. Menjual obat-obatan herbal sehat

Peluang usaha bidang kesehatan yang selanjutnya adalah dengan menjual obat-obatan herbal. Obat herbal adalah jenis obat alami tanpa zat kimia, biasanya terbentuk dari tanaman-tamanan obat dan sejenisnya. 

Peluang usaha ini tentu saja akan dibutuhkan dari waktu ke waktu, karena ada banyak orang yang lebih suka minum obat herbal daripada obat kimia.

6. Berkebun organik tanaman kesehatan

Berkebun dengan menanam tanaman organik yang bisa dijadikan obat. Ini juga akan berhubungan dengan point sebelumnya yang mana tanaman kesehatan akan menjadi sebuah bahan untuk membuat obat herbal. 

Kalau untuk menjalankan bisnis yang satu ini tentu saja sobat harus bisa memahami seluk beluk dunia budidaya tanaman sehingga tanaman bisa bertumbuh dengan baik.

7. Menjual peralatan medis kesehatan

Selanjutnya bisa juga dengan menjalankan bisnis peralatan medis. Yang mana peralatan-peralatan seperti ini juga terus dibutuhkan di bidang kesehatan baik itu oleh tenaga medias atau juga oleh pasien. 

Kalau ingin berbisnis di bidang ini yang harus Anda pelajari adalah pengetahuan mengenai alat medis, supplier, penjualan dan juga kondisi pasar tentang kebutuhan alat-alat medis.

8. Membuka rumah makan sehat untuk masyarakat

Peluang usaha di bidang kesehatan yang ke 8 adalah dengan membuka sebuah rumah makan sehat untuk masyarakat. 

Mungkin sebagian Anda belum pernah makan di rumah makan seperti ini ? Rumah makan sehat adalah rumah makan yang menyajikan menu sehat saja, biasanya akan menyajikan menu-menu yang rendah lemak, menu yang tidak tinggi kolesterol, menghindari penggunaan minyak berlebih dan menu-menu sehat lainnya. 

Usaha rumah makan sehat selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa menjadi misi sosial kepada masyarakat dengan memberikan pengetahuan menu sehat sehari-hari.

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai peluang usaha di bidang kesehatan yang mungkin bisa menjadi salah satu ide bisnis dan juga sekaligus menjalankan misi sosial untuk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form