6 Peluang Usaha Di Bidang TKJ Dengan Hasil Yang Menjanjikan

Tipsseo.net - - Teknik komputer dan jaringan alias TKJ juga memberikan banyak sekali peluang bisnis atau peluang usaha yang bisa dijalankan untuk Anda. Yakni sebuah usaha yang bergelut seputar teknologi komputer, laptop, pembangunan jaringan lokal komputer, jaringan internet dan yang lainnya. Peluang bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang komputer, guru di bidang IT, mahasiswa IT dan bisa juga dijalnkan oleh para siswa jurusan TKJ.

Apalagi ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi dan juga kemajuan masyarakat yang semakin baik dari hari ke hari. Menjadikan kebutuhan akan dunia IT pun semakin menigkat. Dari sini bisa disimpulkan bahwa peluang usaha di bidang TKJ juga terus mengalami sebuah peningkatan. Lalu apa saja peluang usaha tersebut, akan saya bahas lengkap pada artikel kali ini.

6 Peluang Usaha di Bidang TKJ atau Teknik Komputer Dan Jaringan


peluang-usaha-dibidang-tkj


1. Usaha jual beli komputer dan laptop

Peluang usaha di bidang TKJ yang pertama adalah usaha jual beli komputer dan juga laptop. Jual beli komputer merupakan bisnis yang akan terus laku dari waktu ke waktu. Ditambah dengan hadirnya seri-seri komputer terbaru dan juga ditambah dengan meningkatkan kebutuhan pemakai komputer dan juga laptop dari waktu ke waktu.

Sebuah peluang usaha yang menjanjikan, tapi juga harus paham bagaimana kebutuhan pasar akan komputer dan juga laptop. Terutama adalah harus terus update dengan seri-seri terbaru yang banyak di cari dipasaran. Selain itu juga harus padai melakukan promosi dan kerjasama dengan pihak-pihak instansi atau lembahaga yang terus membuthkan komputer dan juga laptop.

2. Usaha jual beli accesoris komputer dan laptop

Peluang usaha di bidang TKJ yang kedua adalah jual beli accesoris komputer dan juga laptop. Ini berbeda dengan point pertama tadi. Kalau accesoris berarti adalah peralatan-peralatan yang berhubungan melengkapi dari komputer dan laptop itu sendiri. Pastinya jika pemakai komputer dan laptop terus meningkat, kebutuhan accesoris pun juga akan terus meningkat. Dari sinilah kita bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang satu ini.

3. Usaha jasa servis komputer dan laptop

Peluang usaha di bidang TKJ yang ketiga adalah bidang servis komputer dan laptop. Bidang jasa service  termasuk bidang pelayanan yang biasanya melakukan perakitan dan juga perbaikan dari komputer atau leptop yang mengalami kerusakan.

Usaha jasa service yang satu ini mungkin tidak memerlukan modal besar seperti usaha poit pertama dan kedua. Akan tetapi dalam menjalankan service komputer dan laptop harus punya modal utama yang cukup keuat yakni dalam hal kemampuan, wawasan dan skill dalam memperbaiki sebuah alat komputer atau laptop yang rusak. Selain itu juga harus pandai menganalisa kendala yang terjadi dalam sebuah perangkat komputer dan juga laptop itu sendiri.

4. Usaha pemasangan jaringan LAN dan jaringan internet

Peluang usaha di bidang TKJ yang keempat adalah pemasangan jaringan LAN atau local area network. Biasanya ini dibutuhkan oleh sebuah sekolah atau instansi tertentu yang di dalamnya terdapat banyak komputer. Dengan pemasangan LAN maka semua komputer akan lebih mudah untuk saling terhubung. Selain itu peluang usaha yang masih berkaitan adalah pemasangan internet. Tentu saja pemasangan internet akan terus dibutuhkan dari waktu ke waktu karena akan semakin banyak yang membutuhkan jaringan internet itu sendiri.

5. Usaha di bidang kursus komputer dan jaringan

Peluang usaha di bidang TKJ yang kelima adalah mengadakan kursus di bidang TKJ itu sendiri. Kursus bisa meliputi ketrampilan dalam perangkat keras dan juga dalam ketrampilan perangkat lunak. Hal ini juga merupakan sebuah peluang usaha yang bagus karena terus dibutuhkan dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa membuka sebuah kurses komputer jika Anda memiliki kehalian di dalamnya. Bahkan sekarang juga sudah banyak yang membuka jasa privat panggilan di bidang komputer. Dalam hal ini tergantung bagaimana cara Anda memanfaatkan keahlian Anda di bidang TKJ ini dengan baik dan maksimal.

6. Usaha buka warnet

Peluang usaha di bidang TKJ yang ke enam adalah menjalankan atau membuka sebuah usaha warnet. Mungkin usaha warnet sudah tidak selaris jaman dulu karena memang sudah banyak yang mempunyai jaringan internet di rumah masing-masing. Akan tetapi usaha warnet yang masih bagus pun juga masih ada. Biasanya usaha warnet yang masih prospek bagus adalah di lingkungan kampus atau lingkungan banyak anak sekolah, disitu kebutuhan akan internet dari warnet biasanya lumayan tinggi.

Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah ada banyak sekali peluang usaha di bidang TKJ atau teknik komputer dan jaringan. Tergantung bagaimana Anda mengambil peluang yang ada diri Anda masing-masing untuk memilih peluang usaha mana yang paling tepat dan cocok untuk Anda. Demikian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form