5 Makanan Khas Sunda yang Terkenal dan Melegenda

Tipsseo.net 5 Makanan Khas Sunda yang Terkenal dan Melegenda. Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya dan tradisi, tidak hanya itu bnayak juga warisan makanan khas yang sudah melegenda bahkan mendunia. Dibeberapa daerah pasti memiliki ciri khas makanan tradisional begitupun dengan daerah sunda.Sunda terkenal dengan berbagai macam makanan yang membuat pecinta kuliner semakin ketagihan untunk menikmatinya. Masakan sunda dikenal dengan sayur mayurnya yang segar dan kebanyakan menggunakan sayuran mentah inilah yang menjadi favorit di sebagian para pecinta kuliner.

Bagi sebagian besar para penikmat pecinta kuliner mungkin masakan khas sunda sudah menjadi daftar antrian yang wajib anda cicipi, kadang masakan sunda juga memberikan efek rindu bagi para penggemarnya. Dengan makanan khas sunda yang penuh dengan sayuran segar dan tak jarang ada beberapa makanan yang terbuat dari sayuran segar dan disinilah khas dan seninya tentang masakan sunda. Beberapa masakan sunda yang telah melegenda an wajib anda cob, simak ulasanya sebagi berikut

Karedok

Karedok merupakan salah satu masakan khas sunda yang banyak ditemui dibeberapa tempat. Sekilas karedok ini mirip seperti gado – gado tetapi karedok tidak mnggunkan lontong atau ketupat. Karedok ini menggunakan sayuran semunanya mentah dan tanpa diolah. Ini yang menjadikan karedok sebagai makanan yang cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Dengan cara penyajian disiram saus kacang dengan tingkat kepedasan sesuai selera anda yang menjadikan makanan khas sunda satu ini selalu menjadi menu andalan makan saing bagi sebagian besar orang.

makanan khas sunda
makanan khas sunda

Lotek

Lotek adalah makanan tradisional sunda yang hampir mirip gado – gado tetapi lotek lebih mirip dengan pecel kalo masakan jawa. Dengan sama sama menggunakan sambal kacang sebagai kuah pelengkapnya lotek juga menggunakan buah buahan segar sebagai campuran. Bumbu kacang yang dibuat saus untuk kuah pelengkap juga dibuat dadakan ii yang menjadikan anda bisa mengatur tingkat kepedasan sesuai yang kalian inginkan. Tidak lupa da kerupuk sebagai pelengkap makan lotek ini.

Bakakak Ayam

Bakakak ayam merupakan menu makanan khas sunda yang memiliki nama yang unik. Bakakak ayam lebih mirip dengan ayam bakar kalo dijawa. Namun bakakak ayam ini merupakan menu ayam yang cara masaknya ayam dibuat utuh dan diberikan bumbu rempah rempah khusus khas sunda kemudian cara memasaknya dengan dipanggang.

Banyak dari masyarakat sunda yang menghadirkan bakakak ayam ini sebagai menu wajib jika ada hajatan atau acara besar lainya. Namun kini menu bakakak ayam ini sudah mudah ditemui, dibeberapa restoran atau warung ang menjual makanan sunda bnyak yang menawarkan menu bakakak ayam.

Empal Gepuk Daging Sapi

Sekilas empal gepuk ini mirip dengan masakan padang rendang, tetapi empal ini meimiliki cita rsa lebih garing dan tidak berminyak berbeda dengan rendang. Empal gepuk terbuat dari daging sapi yang sebelum dimasak daging ini setelah dipotong sesuai dengan selera akan digepuk sehingga memiliki bentuk yang gepeng. Setelah itu gepukan daging ini akan dilumuri bumbu dan dimasak dengan ditata agar bentuknya bisa bagus dan tidak rusak. Masakan bercita rasa manis ini merupakan makanan khas sunda yang cocok disajikan dengan berbagai paduan nasi dan sayur mayur.

Nasi Timbel

Nasi timbel mungkin anda tidak asing mendengarnya, banyak warung dan restoran yang menyajikan menu masakan ini. Nasi khas sunda ini adalah nasi dengan cita rasa pulen dan disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang cita rasa daun pisang ini yang dapat membuat selera dan menciptakan aroma yang khusus. Dihidangkan dengan berbagai lauk pelengkap sepert sambel, aneka sayur, serundeng, ayam atau empal gepuk, atu daging dan dibei pelengkap kerupuk.

Menu makanan khas sunda dapat menjadi referensi menu makan anda selanjutnya. Tidak sabar ingin menyantapnya jangan lupa mempersiapkan bahan dulu ya, atau mungkin sudah ada bahan yang tersedia? Segera eksekusi ya bunda, selamat mencoba.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form