4 tanaman obat obatan populer di indonesia yang bisa anda temukan di dapur

Tipsseo.net - 4 tanaman obat obatan populer di indonesia yang bisa anda temukan di dapur - Sebelum memakai obat dokter, nyatanya sudah banyak orang Indonesia yang mencoba menjalani pengobatan menggunakan obat herbal. Tanaman obat-obatan tersebut ada banyak sekali jenisnya. Walaupun demikian nyatanya cuma terdapat kurang lebih 9 ribu tipe obat herbal yang diprediksi memiliki khasiat untuk kesehatan.

sama dengan namanya, tumbuhan obat merupakan tipe tumbuhan yang sebagian ataupun segala isi tanaman tersebut semacam daun, batang, buah, umbi ataupun rimpang, sampai pangkal dimanfaatkan selaku obat, bahan, ataupun racikan obat- obatan.  Badan Kesehatan Dunia sendiri mengutarakan obat herbal atau medicinal plantsmenjadi tumbuhan yang digunakan sebagai obat dan merupakan bahan baku dalam pembuatan obat herbal. Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan obat tradisional tentu tak terlepas dari gaya hidup kembali pada alam. Akibatnya, masyarakat mulai berubah memakai bahan-bahan alami untuk mengurangi efek samping obat-obatan kimia.

tanaman obat obatan populer di indonesia

tanaman obat obatan populer yang bisa anda temukan di dapur

jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat obatan populer di indonesia karena dikenal akan kegunaanya bagi kesehatan. Jahe mampu mengatasi penyakit pencernaan, seperti sakit perut dan mual hingga muntah, pusing karena vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri menstruasi, hingga meredakan nyeri sendi karena rematik dan osteoarthritis. Jahe umumnya aman dipakai sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tetapi, hendaknya kita tidak memakai lebih dari 5 gr ataupun sama dengan 1 sendok teh tiap harinya. menggunakan jahe secara berlebihan berisiko memiliki  berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

Kunyit

Selain sebagai tanaman obat, kunyit umumnya dipakai sebagai bumbu dapur, jamu, hingga kecantikan. Khasiat kunyit untuk kesehatan tidak terlepas dari zat kurkumin yang terdapat di dalamnya. manfaat kunyit untuk badan mulai dari sebagai antiradang serta antioksidan, melindungi kesehatan sistem pencernaan, merendahkan kolesterol, merendahkan kandungan gula darah, kurangi resiko penyakit jantung, sampai menolong mencegahkanker.

tanaman obat obatan populer di indonesia ini juga tidak boleh dikonsumsi secara banyak. Beberapa efek samping memakan kunyit berlebihan dapat memicu kenaikan asam. Tidak hanya itu, konsumsi kunyit yang sangat banyak bisa membuat permasalahan perdarahan. Oleh karenanya, orang yang punya penyakit lambung seperti maag dan GERD serta yang selalu rutin mengkonsumsi zat pengencer darah sebaiknya tidak boleh terlalu banyak menggunakan kunyit.

Lengkuas

Lengkuas ataupun diketaui pula dengan nama laos memiliki galangin, beta- sitosterol, serta flavonoid yang lain yang baik untuk badan. Selain itu, rempah alami ini juga memiliki vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, dan karbohidrat. Beberapa khasiat lengkuas bagi tubuh adalah sebagai antioksidan, melawan infeksi, meredakan nyeri dan peradangan, meningkatkan kesuburan pria, serta memiliki zat antikanker.

Kencur

tanaman obat obatan populer di indonesia lainnya adalah rempah alami yang memiliki nama latin Kaempferia galanga atau kencur. Kencur masih satu kingdom dengan jahe sehingga banyak orang sangat sering salah dalam membedakannya. Sebagai tanaman obat populer, kencur juga memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Di antaranya sebagai peningkat nafsu makan dan peningkat stamina tubuh, memperlancar mens bagi wanita, serta mengatasi masalah kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form