13 Tips Agar Lahiran Normal Agar Tidak Sakit dan Lancar

Tipsseo.net Kehadiran buah hati tentu merupakan dambaan setiap keluarga. Beberapa mungkin mengalami kesulitan mendapatkan anak. Beberapa lainnya nampak sangat biasa dan diberi kemudahan. Siapapun tidak dapat memprediksikannya. Termasuk ketika memilih proses lahiran, apakah normal atau harus operasi. Agar proses lahiran lancar gunakan 13 tips agar lahiran normal berikut ini ya.
Tips Agar Lahiran Normal

Tips Agar Lahiran Normal

1.      Rutin Berolahraga

Meski dalam kondisi hamil, pastikan Anda tidak lupa untuk tetap bergerak. Dalam hal ini, olahraga ringan sangat di anjurkan. Beberapa pakar mengatakan senam dan yoga sangat baik untuk ibu hamil. Ketika mendekati hari lahiran, maka perbanyak jalan santai atau bergerak.

2.      Tidak Stress

Ibu hamil memang memiliki suasana hati yang dapat berubah dengan cepat. Tentu ini sangat mempengaruhi kondisi janin. Pastikan Anda tetap dalam kondisi bahagia dan tidak stress agar proses bersalin dengan cara normal dapat berjalan dengan lancar.

3.      Mengepel Rumah

Untuk memudahkan proses lahiran maka mengepel rumah bisa jadi solusi yang paling mudah. Pada saat mengepel rumah, jangan gunakan alat pel. Lakukannlah secara manual. Tips agar lahiran normal berikut ini tidak hanya memudahkan lahiran tapi juga membantu mengatur posisi bayi menjelang persalinan.

4.      Makan Makanan Yang Bergizi

Pastikan Anda mencukupi nutrisi diri sendiri. Sebab pada proses bersalin nantinya, Anda akan mengeluarkan banyak tenaga. Tidak hanya itu, makanan yang bergizi juga merupakan asupan terbaik untuk anak di dalam kandungan.

5.      Latihan Pernapasan Saat Melahirkan

Ketika melahirkan normal, maka tidak hanya tenaga saja yang harus kuat. Nafaspun harus bisa Anda kendalikan. Dalam melahirkan, bidan akan memberikan pengarahan bagaimana cara mengambil nafas dengan baik di tengah-tengah rasa sakit kontraksi. Anda bisa mulai dari melakukan jalan santai atau berenang. Keduanya cukup baik untuk melatih pernapasan.

6.      Berendam Dengan Air Panas

Tips agar lahiran normal selanjutnya adalah bisa dengan meluangkan waktu untuk berendam. Tapi, air untuk berendam bagi ibu hamil wajib diperhatikan. Sebaiknya ibu hamil bisa berendam dengan menggunakan air panas atau yang hangat. Ini akan sangat membantu melancarkan persalinan.

7.      Banyak Minum Air Putih

Tidak mudah melewati masa kontraksi dan menantikan moment lahiran normal. Melahirkan tentu bukan perkara yang mudah. Ada berbagai kondisi yang bisa saja timbul. Mulai dari kelelahan, dehidrasi atau bisa jadi yang lainnya.

8.      Jangan Dengar Omongan Mengerikan

Setiap ibu pasti punya pengalaman melahirkannya masing-masing. Setidaknya, Anda mampu memilah mana yang bisa dijadikan pelajaran dan mana yang tidak. Upayakan untuk tidak stress dari berbagai masukan tidaj baik atau saran yang menyimpang. Fokuslah pada proses lahiran bayi saja.

9.      Jangan Merokok dan Miras

Tips agar lahiran normal selanjutnya adalah hinfari miras dan rokok. Kita tahu bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Bahkan beberapa tampilan rokok pun menjelaskan bagaimana bahaya yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu pastikan Anda tidak merokok atau miras di saat mendekati lahiran.

10. Bersama Sahabat

Menjelang bersalin tentu akan ada banyak  perasaan yang Anda rasakan. Hal ini jika tidak diluapkan akan menjadi boomerang pada diri sendiri. Setidaknya dengan sharing bersama sahabat dapat membuat Anda jauh lebih tenang.

11. Bekali Diri Dengan Ilmu

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Termasuk belajar perihal cara melahirkan secara normal. Memang bukan hal yang mudah. Tapi, Anda wajib coba. Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah belajar parenting.

12.  Rutin Ikut Posyandu Ibu Hamil

Tips agar lahiran normal berikutnya adalah posyandu. Istilah posyandu mungkin kerap disematkan pada anak-anak saja. Kenyataannya, program posyandu dimulai sejak seorang ibu hamil. Setiap periode kehamilannya akan terus di pantau. Mulai dari berat badan, tekanan darah dan berbagai tindakan agar dapat memantau perkembangan kesehatan ibu hamil.

13. Periksakan Diri Ke Dokter

Pada masa-masa mendekati proses bersalin, ada baiknya Anda rutin memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa posisi bayi dalam kondisi aman. Kalaupun tidak, maka ada waktu untuk mengupayakan agar posisi bayi bisa memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Kesimpulan dan Saran

Dengan mengetahui tips apa saja, yang harus dilakukan, Anda pasti berpikir bahwa melahirkan bukan perkara yang mudah, itu memang tepat. Namun, bukan suatu hal yang harus ditakuti karena itu bisa disiasati. Disatu sisi, mungkin banyak orang yang mungkin saja tidak dapat melupakan betapa sakitnya saat melahirkan seorang anak.

 Bahkan hal ini diibaratkan seperti sedang menghadapi dua dunia, yaitu kehidupan serta kematian. Meskipun melahirkan normal terbilang sakit, tapi Anda bisa mempelajari tips agar lahiran  normal. Ada beberapa jenis metode melahirkan.

Metode tersebut dikenal adalah melahirkan secara normal serta melahirkan dengan operasi. Keduanya sama-sama membuat ibu kesakitan. Akan tetapi, proses pemulihannya yang akan berbeda. Meski melahirkan secara operasi tidak menimbulkan rasa sakit selama proses bersalin, tetapi masih banyak yang memutuskan untuk mencoba melahirkan secara normal.

 Pasalnya, lahiran dengan cara normal lebih mudah dalam proses penyembuhan. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui cara untuk melahirkan secara normal, seperti tips di atas. Selain cara di atas, pastikan  Anda selalu rutin memerikasakan kesehatan diri dan calon bayi. Pemeriksaan ini berlangsung tidak lama. Anda bahkan bisa melihat perkembangan bayi dari metode USG.

Jika bayi berada tidak pada tempatnya, maka dokter kandungan bisa mengambil langkah alternatif.Menjadi ibu hamil tidak mudah. Anda tidak hanya merasa lelah sepanjang kehamilan. Rasa sakit saat melahirkan pun tidak akan pernah terlupakan. Tapi, hal ini bukan berarti Anda bisa menunda kehamilan begitu saja. Jika merasa ragu, maka Anda bisa mengikuti tips agar lahiran normal di atas.

Ketika memasuki 1-2 minggu sebelum target lahiran, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri. Dari perlengkapan bersalin serta kekuatan fisik dan mental. Anda juga perlu asupan nutrisi serta gizi terutama untuk usai melahirkan.

Sebab melahirkan normal tidak hanya sekadar melahirkan saja. Ada berbagai tahapan kesakitan yang dilalui. Belum lagi proses melahirkan yang sakit, tapi setelah itu, pemulihannya bisa sangat cepat. Ada  yang bahkan hanya satu minggu saja.

Itulah Tips agar melahirkan normal agar dapat. melahirkan normal memang sakit, tetapi proses penyembuhannya bisa sangat cepat. Inilah yang menjadi alasan masih banyak orang yang ingin melahirkan normal ditengah berkembangnya teknologi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form