13 Jenis Obat Flu Dan Batuk untuk Ibu Menyusui yang Alami dan Aman

Tipsseo.net Sakit batuk dan flu bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui. Sayangnya, penanganan terhadap ibu yang hamil dan atau sedang menyusui tidak bisa disamakan dengan orang biasanya. Ibu hamil dan menyusui tentu lebih sensitif terhadap obat. Pasalnya, efek dari obat fu dan batuk ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi nantinya. Lalu apa jenis obat flu dan batuk yang tepat untuk ibu menyusui?


Obat Flu Dan Batuk untuk Ibu Menyusui yang Alami

1.      Konsumsi Yogurt

Kita ketahui bahwa batuk dan flu biasnya menyerang sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kita perlu bakteri baik dalam tubuh. Bakteri yang baik bisa diperoleh dengan mengkonsumsi prebiotik. Unsur prebiotik sendiri terdapat pada Yogurt.

2.      Sari Cuka Apel

Obat batuk dan flu untuk ibu menyusui juga bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi sari cuka apel. Jenis obat ini merupakan obat alami yang dapat meningkatkan sel darah putih serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penyajiannya, Anda boleh mencampurkannya pada segelas air hangat dan perasan jeruk atau madu untuk menambah unsur vitamin C.

3.      Jamu Kunyit

Kita tahu bahwa kunyit memiliki banyak sekali manfaat. Anda tidak hanya menggunakannya sebagai bumbu ketika memasak. Kandungan curcumim pada kunyit dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, batuk, flu serta menjadi antioksidan yang baik. Jamu kunyit sangat baik terutama untuk ibu yang sedang menyusui.

4.      Teh Hijau

Jenis minuman herbal yang satu ini juga kaya akan unsur-unsur penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk ibu menyusui. Ada klorofil, EGCG, Flavonoid, thoefilin serta L-theanine yang sangat baik untuk melawan berbagai virus. Terutama virus yang mengakibatkan batul dan flu.

5.      Bawang Putih

Kita tahu bahwa bawang putih memiliki senyawa yang bertinda sebagai antibakteri, antijamur serta antivirus. Saat diiris atau dimasak, senyawa tersebut keluar dan dapat dimanfaatkan. Ketika menggunakannya sebagai obat batuk dan flu untuk ibu menyusui, Anda bisa memakannya tanpa perlu di masak atau digoreng. Jika tidak kuat, bisa dicampirkan dengan segelas air hangat atau madu.

6.      Ramuan Jahe

Kita tahu bahwa jahe juga tidak kalah banyak manfaatnya. Kandungan jahe dapat difungsikan sebagai antiinflamasi, pereda nyeri, antioksidan serta anti mikroba. Jahe juga dapat meningkatkan imunitas, menghangatkan tubuh serta membersihkan paru-paru Anda. Bahkan, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai obat alami batuk dan flu untuk ibu menyusui. 

7.      Buah Berry

Buah berry juga dipercaya memiliki kandungan oksidan yang cukup tinggi. Bahkan, buah ini mampu membersihkan tubuh dari adanya racun. Racun dalam tubuh inilah yang biasanya menjadi penyebab sembelit serta iritasi pada kerongkongan. Bahkan, buah ini juga mampu menyembuhkan gejala flu serta batuk pada ibu menyusui. Anda bisa mengkonsumsi jenis buah berry seperti blackberry, raspeberry, blueberry serta buah strawberry.

8.      Air Hangat

Beberapa ibu mungkin akan sedikit ketakutan jika apa yang dikonsumsinya saat sakit akan berdampak pada sang anak. Maka dari itu, Anda bisa memilih meminum air hangat saja untuk meredakan batuk dan memberikan efek rileks pada hidung, dada bahkan tenggorokan. Jika hidung tersumbat pun, air hangat mampu mengatasinya.

9.      Madu

Obat batuk dan flu untuk ibu menyusui juga bisa Anda dapatkan dari madu. Madu pun punya banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Baik sebagai bahan kecantikan maupun sebagai obat alami mengatasi berbagai penyakit. Rasanya yang manis membuat siapa saja tidak bosan mengkonsumsinya. Madu juga mudah didapatkan. Anda bisa mengkonsumsinya tanpa campuran atau di campurnm dengan bahan herbal lainnya.

10. Jeruk Nipis atau Lemon

Apabila Anda terserang flu atau batuk sementara sedang menyusui, maka jangan buru-buru mengkonsumsi obat. Ada baiknya, gunakan beberapa bumbu dapur yang punya khasiat meredakan flu serta batuk. Salah satu bahan yang sangat dipercaya untuk kedua oenyakit tersebut adalah jeruk nipis atau lemon. Anda boleh menggunakan salah satu diantaranya. Baiknya, konsumsi dengan segelas air yang masih hangat.

11. Makan Buah Dan Sayuran

Obat paling enak adalah buah dan sayuran. Jika flu dan batuk menyerang, baiknya perbanyak mengkonsumsi buah serta sayur-mayur. Terutama untuk jenis yang mengandung vitamin C yang tinggi. Hal ini bertujuan agar kekebalan tubuh Anda meningkat.

12.  Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya memberikan sensasi hangat pada tubuh. Bahkan, asupan ini juga dapat digunakan sebagai obat batuk dan flu untuk ibu menyusui. Sup ayam yang hangat dapat memberikan asupan energi yang cukup bagi ibu yang sedang menyusui. Sehingga tubuh tetap bugar.

13. Daun Thymi

Daun thymi biasanya dikonsumsi dalam sediaan sirup. Anda bisa mendapatkannya pada berbagai apotik terdekat. Meski demikian, Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Ambil sekitar satu genggam daun thymi. Anda campurkan dengan 1,5 gelas air dan masak hingga mendidih. Jangan lupa di saring agar hasilnya lebuh baik. Untuk meminumnya bisa ditambahkan perasan lemon, jeruk nipis atau bahkan madu.

Kesimpulan

Pada dasarnya batuk dan flu tentu akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda wajib meningkatkan imunitas secara alami. Caranya dengan mengkonsumsi beberapa ramuan di atas. Semua bahan di atas sangat terjangkau dimana pun. Anda bisa mendapatkannya dengan sangat gampang.

Istrahat yang cukup juga merupakan  kolaborasi yang baik di samping mengkonsumsi ramuan di atas. Tentu ini akan membantu proses penyembuhan flu dan batuk yang di alami oleh ibu hamil. Efek sampingnya pun akan minim. Bahkan beberapa cenderung hanya memberikan efek terapi saja.

Mengkonsumsi obat dengan resep dokter memang mempercepat penyembuhan, tapi tidak aman untuk ibu yang menyusui. Obat kimia cenderung memiliki efek samping. Hal ini biasanya tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil maupun yang sedang dalam masa menyusui.

Kandungannya akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Maka dari itu, disarankan mengkonsumsi obat dari bahan-bahan yang alami. Dengan demikian obat batuk dan flu untuk ibu menyusui ini dapat direkomendasikan. Cara penyajiannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa mengkonsumsinya kapan saja dan akan jauh lebih baik, jika digunakan dengan rutin.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form